Fakultas Hukum hanya memiliki satu program studi yaitu Ilmu Hukum , Ketua Program Studi yang dalam operasinalnya di kelola oleh wadek dan bertugas mengelola Program Studi dan memimpin penyelenggaraan kegiatan akademik dan administrative dan bertaanggungjawan kepada Dekan .

Persyaratan ketua Program studi sebagai berikut:

1.       Dosen program Studi ilmu hukum, baik dosen tetap maupun dosen tidak tetap.

2.       Usia maxsimal 52 tahun pada saat pengangkatan ,kecuali bagi yang telah menduduki jabatan fungsional Lektor kepala , usia 61 tahun .

3.       Mempunyai jabatan fungsional  lector (kum 200)ke atas dan utamakan yang jabatan fungsionalnya telah disetarakan oleh Dirjen Dikti Kemdiknas melalui Kopertis.

4.       Minimal pendidikan S2.

5.       Mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang baik.

6.       Bersedia dicalonkan yang dinyatakan dengan kesedian secara tertulis .

Khusus Fakultas Hukum wakil dekan sekaligus jabatan sebagai ketua program studi maka pemilihannya dilaksanakan diawali dalam penjaringan di dalam rapat dosen yang dihadiri dosen tetapdan dosen luar biasa, pada rapat pemilihan tersebut ditetapkan 5 bakal calon . Hasil penjaringan ini disampaikan kepada Rektor .Setelah  Rektor menurunkan kembali 3 bakal calon untuk dijadikan calon yang akan dipilihdalam rapat dosen. Hasil pemilihan tersebut selanjutnya diajukan kepada Dekan Fakultas Hukum sebagai ketua senat untuk dapat mendapatkan pertimbangan den pengesahaan dalam rapat senat. Setelah itu disahkan melalui rapat senat Fakultas Hukum, maka dekan mengusulkan ke Rektor Universitas Bung Hatta calon Dekan yang sekaligus juga Ketua Program Studi untuk dikeluarkan surat keputusan penetapannya ( sesuai dengan Statuta dan peraturan yang berlaku pada Universitas Bung Hatta).

Beradasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.0325/U/1994 jurusan-jrusan pada jenjang Strata 1 Program Studi Ilmu Hukum ditiadakan dan sebagai gantinya dibentuk bagian-bagian samapi sekarang . Bagian merupakan pengelompokan sumber daya manusia staf pengajar untuk mengembangkan Ilmu Hukum. Bagian tersebut al:

1.       Hukum Keperdataan

2.       Hukum Pidana

3.       Hukum Tata Negara

4.       Hukum Internasional   

Untuk menunjukan arah minat akademik mahasiswa dibentuk program kekhususan ( PK ),setiap bagian mengelola Program kekhususan , Yaitu:

1.       Program kekhususan Hukum Perdata

2.       Program kekhususan Hukum Pidana

3.       Program Kekhususan Hukum Tata Negara

4.       Program kekhususan Hukum Internasional

Pembagian Program Kekhususan ini tidak sama dengan penjurusan, sebab pembagian dilakukan tidak dari awal tetapi setelah mahasiswa memperolah minimal 100 sks dan memenuhi persyartan 4 ( empat ) mata kuliah lulus dengan nilai minimal B , sebagai berikut:

1.       Program Kekhususan Hukum Perdata

a)      Hukum Perdata

b)      Hukum Acara Perdata

c)       Hukum Dagang

d)      Hukum Perikatan

 

2.       Program Kekhususan Hukum Pidana

a)      Hukum Pidana

b)      Hukum Acara Pidana

c)       Kriminilogi

d)      Hukum Pidan Khusus

 

3.       Program m kekhususan Hukum tata Negara

a)      Hukum tata Negara

b)      Hukum Administrasi  Negara

c)       Ilmu Perundang-undangan

d)      Hukum Pemerintah Daerah

 

4.       Program Kekhususan Hukum Internasional

a)      Bagasa Inggris

b)      Hukum Internasional

c)       Hukum Laut

d)      Hukum Ekonomi Inbternasional

 

Dcalam prosese PBMuntuk dosen tetap, beban wajib per semester adalah 9 sks maksimal 15 sks sedangkan untuk tenaga structural dalam hal ini dekan wajib 4 sks masimal 6 sks,wakil dekan dan ketua bagian 6 sksmasimal 10 sks .Transparansi tentang alokasi beban mengajar dengan mudah dapat dipantau melalui PORTAL  Universitas Bung Hatta. Maupun media lain. Setiap dosen pengampu mata kuliah diwajibkan melakukan penyampaian GBPP atau SAPpada tetap muka pertama perkulihaan . Ini merupakan wujudkan dari menjaga kredibilitas  tata pamong untuk mahasiswa . Disamping itu pada perkulihan pertama, mahasiswa juga akan berkaitan dengan tatatertib perkulihaan samapi system peneliaian yang akan digunakan.