Bertempat di Ruang Sidang Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Senin/ 24 Juni 2024 dilaksanakan kegiatan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Khairul Fahmi, S.H.,M.H (Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas) dan Prof. Elfiondri, S.S.,M.Hum (Dosen Fakultas Ilmu Budaya dan Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta). Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh dosen di Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Dekan Fakultas Hukum, Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.H.,M.H dan Wakil Dekan Fakultas Hukum, Hendriko Arizal, S.H.,M.H.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.H.,M.H menyampaikan bahwa kegiatan ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan publikasi ilmiah bagi dosen-dosen di Fakultas Hukum. Harapan ke depannya setelah pelaksanaan kegiatan ini, dosen mengetahui tips dan trik untuk membuat artikel ilmiah yang berkualitas dan dipublikasikan pada jurnal nasional dan/atau jurnal internasional.

Dalam pemaparannya, Dr. Khairul Fahmi selaku narasumber pertama menyampaikan bahwa terdapat 4 aspek kunci menulis artikel ilmiah, yaitu: (1) Perumusan fokus penelitian (Rumusan Masalah); (2) Alasan pentingnya dilakukan penelitian/kajian; (3) Teori yang digunakan sebagai pisau analisa terhadap masalah yang dirumuskan, dan (4) Metode penelitian hukum yang relevan digunakan.

Kemudian, sebagai narasumber kedua, Prof. Elfiondri memberikan penjelasan bagaimana membuat artikel ilmiah terkait dengan judul, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode, hasil dan pembahasan hingga konklusi dari artikel yang dibuat.

Pelaksanaan kegiatan diakhiri dengan foto bersama Dekan, Wakil Dekan, Narasumber dan Peserta kegiatan. (RBG)