Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menggelar Seminar Profesi Hukum dengan tema; “Revolusi Keadilan: Membangun Sistem Hukum yang Teguh dan Membela Demokrasi yang Tercekik“, bertempat di Kampus II Universitas Bung Hatta, Aia Pacah Padang, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan ini dimoderatori oleh Resma Bintani Gustaliza, S.H.,M.H. Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu  Dr Sanidjar Pebrihariati R, S.H., M.H (Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta), Amrizal, S.H., M.H (Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar), Hadiman Gusti Beruh, S.H., M.H (Aspidsus Kejaksaan Tinggi Sumbar) dan Indira Suryani, S.H., MH (Direktur Lembaga Bantuan Hukum Padang).

Dalam pemaparannya, Doktor Sanidjar menyampaikan bahwa penegakkan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat akan terlaksana, jika Aparatur Penegak Hukum (Hakim, Jaksa, Advokat, dan Kepolisian) menjalankan tugas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, maka tidak akan terjadi pelanggaran atas Hak Masyarakat.

“Masyarakat dan hukum tidak dapat dipisahkan. Hukum yang berkeadilan menjadi cita- cita masyarakat. Masyarakat akan menjadi warganegara yang baik, jika aturan hukum ditegakkan, dan hanya oknum yang melakukan pelanggaran hukum,” terang Doktor Sanidjar.

Kemudian Doktor Sanidjar berharap dengan adanya Seminar Profesi Hukum, maka akan membuka wawasan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta tentang isu-isu Penegakan Hukum serta Aparatur Penegak Hukum.

Pada acara seminar yang dihadiri oleh seratusan peserta itu, turut hadir Ketua Bagian Hukum Perdata Dr Yofiza Media, S.H., M.H, dan Ketua Bagian Hukum Tata Negara Dr. Desmal Fajri, S.Ag.,M.H, serta dari pengurus organisasi mahasiswa, di antaranya Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa (BEMM) Fakultas Hukum Sandi Bintang Pratama, serta Ketua Umum Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa Fakultas Hukum (DPMMF) Rizky Rolanda.

Sumber : https://forumsumbar.com/berita/43991/fakultas-hukum-universitas-bung-hatta-gelar-seminar-profesi-bahas-sistem-hukum-dan-demokrasi-di-indonesia/