Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menggelar acara Konferensi Nasional Hukum ke IV (KONASH), bertempat di Aula Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Aia Pacah Padang, Kamis (27/6/2024).

Dwi Astuti Palupi, S.H., M.H, selaku Ketua Pelaksana KONASH ke IV melaporkan bahwa acara ini merupakan rangkaian kegiatan Konferensi Nasional dan Penelitian Bersama Dosen dan Mahasiswa, berupa Call Paper yang nantinya dipresentasikan pada tanggal 24 Juli 2024 mendatang.

Pada Konferensi yang mengambil tema; Perkembangan Hukum Internasional Indonesia dalam Menghadapi Geopolitik Global tersebut, turut menjadi narasumber Prof. Firman Hasan, LLM (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas), dan Ahmad Iffan, S.H., M.H (Ketua Bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta), serta dimoderatori Helmi Candra SY, S.H., M.H (Ketua Labor Hukum).

Dalam opening speech-nya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.H., MH menyampaikan bahwa Hukum Internasional saat ini berkembang sangat cepat dikarenakan beberapa faktor yang memengaruhinya.

“Untuk itu, Indonesia harus mengambil peran dalam perkembangan Hukum Internasional tersebut. Apalagi dengan terjadinya perubahan Geopolitik Global akibat eskalasi perang yang terus terjadi,” ujar Doktor Sanidjar.

Pada kesempatan itu, Prof Firman Hasan menyampaikan bahwa Hukum Internasional tidak dapat dipisahkan sepenuhnya dari pertimbangan moral dan etika, sebagaimana dikemukakan oleh Austin.

“Hukum Internasional tidak hanya mengatur hubungan antar negara secara teknis, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai moral dan etika yang diterima oleh masyarakat internasional,” terang Prof Firman.

Selanjutnya, Ahmad Iffan menyebutkan bahwa situasi Geopolitik Global membawa dampak yang signifikan terhadap Indonesia dalam segala aspek, seperti ekonomi, politik dan budaya.

Secara ekonomi, kata Ahmad Iffan, terjadinya penurunan nilai tukar rupiah, kehilangan pendapatan akibat turunnya ekspor, serta dampak naiknya harga minyak terhadap APBN, dan adanya kenaikan komoditas impor gandum.

Pada acara KONNASH ke IV yang dihadiri ratusan peserta itu, turut hadir Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Hendriko Arizal, S.H., M.H, sekaligus Ketua Bagian Hukum Pidana, selanjutnya Ketua Bagian Hukum Tata Negara Dr Desmal Fajri, S.Ag., M.H, dan dari pengurus organisasi kemahasiswaan, di antaranya Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa (BEMM) Fakultas Hukum Sandi Bintang Pratama.

Pelaksanaan kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada para narasumber dan foto bersama dengan seluruh peserta kegiatan.

Sumber : https://amanmakmur.com/2024/06/28/cermati-hukum-internasional-dan-geopolitik-global-fakultas-hukum-universitas-bung-hatta-gelar-konnash-ke-iv/