Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menggelar kegiatan Pendidikan Karakter bagi mahasiswa, bertempat di Aula B3 Lantai 4 Kampus 2 Universitas Bung Hatta, Aia Pacah, Padang, Jumat (5/7/2024).

Kegiatan dengan mengambil tema; “Anti Korupsi Karakter Pemimpin Bangsa” ini turut menjadi narasumber Miko Kamal, S.H, LL.M, Ph.D, Ketua DPC Peradi Padang / Calon Walikota Padang, dan Mevrizal, S.H., M.H, Sekretaris DPC Peradi Padang / Calon DPD RI, dengan dimoderatori oleh Ahmad Iffan, S.H., MH (Ketua Bagian HI Fakultas Hukum).

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Dr. Desmal Fajri, S.Ag., M.H menyampaikan bahwa kegiatan Pendidikan Karakter ini merupakan bagian dari Pendidikan Universitas Bung Hatta, yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Budaya angkatan 2023.

“Kegiatan ini untuk menambah wawasan para mahasiswa mengenai issu anti korupsi. Makanya kita datangkan narasumber yang berkompeten untuk membahasnya,” ujar Doktor Desmal, yang juga merupakan Ketua Bagian HTN Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta.

Kemudian, dalam sambutannya saat membuka acara, Dekan Fakultas Hukum Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.H., M.H menyampaikan bahwa dengan kegiatan Pendidikan Karakter ini diharapkan mahasiswa dapat meniru dan mencontoh karakter Bung Hatta.

“Di tengah krisis keteladanan saat ini, perlu adanya upaya-upaya strategis untuk membangun karakter anak bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Dan, sosok Bung Hatta, sebagai Tokoh Bangsa, Proklamator Republik Indonesia, perlu menjadi teladan bagi generasi sekarang, tak ketinggalan para mahasiswa,” ujar Doktor Sanidjar, yang juga Ketua Pendidikan Karakter Universitas Bung Hatta ini.

Lanjutnya, sosok Bung Hatta itu teladan berbangsa dan bernegara, taat beribadah, demokratis, pandai berorganisasi, penuh etika dan etiket, ilmuwan, ahli ekonomi, bapak koperasi, tertib, disiplin, tepat waktu, rapi, bersahaja, jujur, bersih, cerdas, pemikir, tenang, konsekuen, dan santun.

Dan tak kalah pentingnya, sebut Doktor Sanidjar lagi, Bung Hatta itu orangnya sangat sederhana, dan anti korupsi.

“Makanya penting untuk membangun karakter mahasiswa, agar ke depan lahir Bung Hatta-Bung Hatta muda yang menjadi pemimpin bangsa, seperti halnya sosok Bung Hatta,” tukas Doktor Sanidjar.

Sebagai perguruan tinggi, apalagi mengusung nama besar Bung Hatta, kata Doktor Sanidjar, Universitas Bung Hatta komit untuk membangun karakter mahasiswa yang selaras dengan sosok Bung Hatta.

Sumber : https://forumsumbar.com/berita/44248/fakultas-hukum-universitas-bung-hatta-gelar-pendidikan-karakter-bagi-mahasiswa/