Gagasan Helmi Chandra Menjadi Rekomendasi Untuk Pemerintah dan DPR dalam Konferensi APHTN-HAN di Bali

    Helmi Chandra SY, SH, MH. Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, diundang oleh Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN - HAN) sebagai Pemakalah dalam Konferensi Nasional dengan tema "Dinamika Negara Hukum Demokratis Pasca Perubahan UUD 1945" di Hotel Aryaduta, Bali, 19-21 Mei 2022.

     

    Dalam makalah yang dipresentasikannya, Helmi menyebut bahwa desain partisipasi masyarakat telah mengalami perluasan pasca putusan MK tentang UU Cipta Kerja, sehingga perlu diatur dan diterapkan agar terwujud partisipasi bermakna (Meaningful Participation) bukan hanya partisipasi manipulatif (Manipulative Participation).

    Selain itu, gagasan Helmi mengenai partisipasi masyarakat dalam pembentukan UU juga mendapat perhatian dan menjadi salah satu rekomendasi dalam konferensi kepada pemerintah dan DPR. 

     

    Pelaksanaan APHTN-HAN ini dilaksanakan dengan 2 panel diskusi, yaitu Panel Diskusi Hukum Tata Negara dengan topik : 1. Panel Penataan Legislasi dan Peraturan Kebijakan; 2. Panel Pokok-Pokok Haluan Negara Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia; 3. Panel Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah.

     

    Sedangkan panel Hukum Administrasi Negara, dilaksanakan dengan topik diskusi : 1. Panel Perkembangan Kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara, dan 2. Panel Perizinan Pasca UU Cipta Kerja. (*ril *rbg)

     

     

     

    Kontak Kami

    Address: Kampus Proklamator II, Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass Aie Pacah Padang.

    Phone: 0751-463250

    Tax: 0751-7055475.

    Email: rektorat@bunghatta.ac.id

    Website:hukum.bunghatta.ac.id

    Pengunjung

    Today437
    Yesterday247
    This week900
    This month8297
    Total209678

    Who Is Online

    1
    Online

    29-06-2022
    © Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. All Rights Reserved.