Kunjungan Industri Mahasiswa Bagian Hukum Pidana Ke Laboratorium Forensik Polda Sumatera Utara

    Mahasiswa Bagian Hukum Pidana, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, pada hari Senin (19/12/2022) bersama dengan Dekan Fakultas Hukum dan Dr. Deaf Wahyuni, S.H.,M.H melaksanakan kunjungan industri ke Laboratorium Forensik Polda Sumatera Utara.

    Dekan, dosen serta 30 orang mahasiswa bagian hukum pidana dari Fakultas Hukum disambut dengan baik oleh Kombes Pol. Kombes Polisi Teguh Yuswardhie, S.I.K., M.H.

    Dalam penjelasan singkatnya, Kombes Polisi Teguh Yuswardhie menyampaikan bahwa ilmu forensik sangat membantu aparat penegak hukum dalam mengungkap suatu tindak pidana yang terjadi mulai dari tingkat penyidikan sampai pada tahap persidangan terhadap kasus yang berhubungan dengan tubuh atau jiwa manusia sehingga membuat terang suatu tindak pidana yang terjadi.

    Sementara itu, terkait dengan laboratorium forensik, keberadaan laboratorium forensik sangatlah penting untuk mendukung suatu komponen penyelidikan perkara, mengidentifikasi komponen penyelidikan perkara, diketahui namanya atau benda, sebab-sebab kematian, diketahui sifat dan tanda-tanda untuk kepentingan pembuktian. Hal tersebut sesuai dengan pengaturan laboratorium forensik yang diatur di dalam Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Tata Cara Persyaratan Permintaan Pemeriksaan Teknis Kriminalistik Tempat Kejadian Perkara dan Laboratoris Kriminalistik Barang Bukti Kepada Laboratorium Forensik Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Laboratorium Forensik adalah satuan kerja Polri meliputi Pusat Laboratorium Forensik dan Laboratorium Forensik Cabang yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi laboratorium forensik atau kriminalistik dalam rangka mendukung penyidikan yang dilakukan oleh satuan kewilayahan dengan pembagian wilayah pelayanan (area service). ujarnya. (RBG)

     

    Kontak Kami

    Address: Kampus Proklamator II, Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass Aie Pacah Padang.

    Phone: 0751-463250

    Tax: 0751-7055475.

    Email: rektorat@bunghatta.ac.id

    Website:hukum.bunghatta.ac.id

    Pengunjung

    Today387
    Yesterday1004
    This week6343
    This month25207
    Total683965

    Who Is Online

    9
    Online

    29-03-2024
    © Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. All Rights Reserved.