Labor Hukum Kembali Melaksanakan Lomba Peradilan Semu

Cetak

Labor Hukum Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta  kembali mengadakan kegiatan Lomba Peradilan Semu pada Kamis, 29 Desember 2022.

Agenda tahunan yang merupakan program wajib labor hukum ini sempat vakum selama lebih dari dua tahun, hal tersebut disebabkan adanya penyebaran virus Covid-19 yang mengakibatkan penyelenggaraan perkuliahan di Fakultas Hukum harus dilaksanakan secara online mengikuti kebijakan dan imbauan pemerintah.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan di Ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta ini diikuti oleh 6 (enam) kelompok. Masing-masing kelompok dibimbing oleh dosen pembimbing, yaitu Ibu Rosita, S.H.,M.H (3 kelompok), Bapak Fitriadi, S.H.,M.H (2 kelompok), dan Bapak Rianda Seprasia, S.H.,M.H (1 kelompok).

Kegiatan lomba secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr. Uning Pratimararti, S.H.,M.Hum. Dalam sambutannya, Dekan menyambut baik diadakannya kembali kegiatan lomba peradian semu ini. Lebih lanjut, Dekan menyampaikan bahwa esensi dari lomba peradilan semu ini bukan hanya untuk menumbuhkan jiwa kompetisi yang dikembangkan secara sehat antar kelompok yang menjadi peserta lomba, tapi juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk memberikan yang terbaik dalam mengembangkan kemampuan di bidang hukum dalam hal menerapkan hukum acara atau formil di persidangan, tutupnya.

Penampilan Salah Satu Kelompok Dalam Lomba Peradilan Semu

Tim juri yang menjadi penilai atas penampilan masing-masing kelompok peserta lomba, turut hadir dalam kegiatan ini. Tim juri tersebut terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu  Ibu Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.H.,M.H, Bapak Wisnaldi Djamal, S.H.,M.H dan Ibu Deswita Rosra, S.H.,M.H.

Berdasarkan hasil penilaian dari tim juri, kelompok/tim terbaik yang menjadi juara dalam lomba peradilan semu kali ini adalah Kelompok 2 yang beranggotakan Nabila Rafifah, Afi Aulia Putri, Riko Eka Putra, Rizki Maskulin, Vinny Verdiyani, Eldha, Fahhrani Cakra Karinaputri, Febby Ayu Fadhilah, Nurul Desyafriwar, Yusuf Qardhawi, dan Fernando.

Sementara itu, penilaian untuk penampilan secara individu seperti hakim terbaik, jaksa terbaik, penasehat hukum terbaik dan sebagainya diberikan kepada:

1. Hakim Ketua Terbaik (Tito Tanjung dari Kelompok 6)

2. Hakim Anggota 1 Terbaik (Fatma Azizi dari Kelompok 6)

3. Hakim Anggota 2 Terbaik (Thika Putri Salma dari Kelompok 6)

4. Jaksa Penuntut Umum Terbaik 1 (Shenia Rohmah dari Kelompok 6)

5. Jaksa Penuntut Umum Terbaik 2 (Ridwan Arif Nur dari Kelompok 3)

6. Jaksa Penuntut Umum Terbaik 3 (Muhammad Riezky Irmansyah dari Kelompok 3)

7. Penasehat Umum Terbaik 1 (Sigit Aziz dari Kelompok 6)

8. Penasehat Umum Terbaik 2 (Raja Akbar Maulana dari Kelompok 3)

9. Penasehat Umum Terbaik 3 (Anggi Putri Piranda dari Kelompok 3)

10. Panitera Terbaik 1 (Yusuf Qardawi dari Kelompok 2)

11. Panitera Terbaik 2 (Risa Fadilah dari Kelompok 3)

12. Panitera Terbaik 3 (M. Hafizh Azari dari Kelompok 4)

13. Terdakwa Terbaik 1 (Fahhrani Cakra dari Kelompok 2)

14. Terdakwa Terbaik 2 (M.Fadhli Anggara dari Kelompok 4)

15. Terdakwa Terbaik 3 (M. Afi Al-Furqon dari Kelompok 6)

 

Tim Juri, Dosen Pembimbing dan Ketua Labor Hukum, Saat Mengumumkan Pemenang Lomba Peradilan Semu

 

Helmi Chandra SY, S.H.,M.H selaku Ketua Labor Hukum mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, dosen pembimbing masing-masing kelompok dan tim juri serta panitia yang telah mensukseskan acara ini. Semoga tahun berikutnya lomba peradilan semu bisa dilaksanakan lebih meriah lagi dengan peserta lomba yang lebih banyak lagi. ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan ditutup oleh Wakil Dekan, Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.H.,M.H. Dengan mengucapkan Alhamdulillah, kegiatan lomba peradilan semu ini saya tutup, pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta lomba, tim juri, dosen pembimbing, dan juga panitia. (RBG)