Webinar Hukum Internasional "Peranan ASEAN Way"

    Bagian Hukum Internasional, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 telah melaksanakan Web Seminar (Webinar) dengan tema "ASEAN : Peranan ASEAN Way" pada pukul 09.00 - selesai.

    Kegiatan webinar yang dilaksanakan secara berani ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, dosen, dan juga masyarakat umum, yang diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Webinar, Dwi Astuti Palupi, SH,MH Dalam sambutannya, Dwi Astuti menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh Bagian Hukum Internasional setiap semesternya selain kuliah umum dan juga PKM.

    Selanjutnya, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Uning Pratimaratri, SH,MH, dalam sambutannya menambahkan bahwa ASEAN sebagai wadah organisasi bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, memiliki peran yang sangat penting bagi anggota negara-negara khususnya Indonesia, sehingga berbagai macam konflik yang saat ini di wilayah-wilayah negara ASEAN, memerlukan tindakan lebih lanjut bagi ASEAN itu sendiri untuk menyelesaikannya. Salah satu langkah yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah melalui Asean Way, ujarnya.

    Rolliansyah Soemirat yang saat ini sebagai Direktur Kerjasama Politik Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, hadir sebagai pembicara dalam kegiatan webinar ini. Dalam paparannya, beliau menyampaikan tantangan ASEAN saat ini dapat diklasifikasikan dalam 3 kategori, yaitu  Klaim teritorial yang belum terselesaikan, defisit kepercayaan  dan  pengelolaan dampak perubahan. Selanjutnya, terkait dengan posisi Indonesia di ASEAN, Rolliansyah Soemirat menuturkan bahwa Indonesia berusaha untuk selalu muncul dengan inisiatif untuk mengatasi tantangan yang dihadapi ASEAN.

    Selanjutnya, Ahmad Iffan, SH,MH yang merupakan Dosen Tetap pada Bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, sebagai pembicara kedua, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa ASEAN Way memiliki peran yang penting bagi negara-negara anggota ASEAN. Hal ini karena ASEAN Way merupakan norma dan prinsip-prinsip non-intervensi, penyelesaian konflik secara damai, tindakan non-konfrontatif terhadap konflik, dan konflik pada musyawarah dan mufakat yang digunakan oleh organisasi ASEAN dalam menghadapi situasi konflik-konflik di Asia Tenggara. 

    Kegiatan webinar diakhiri dengan acara sertifikat kepada pemateri secara online, dan foto bersama dengan peserta webinar. (*rbg)

      

     

    Kontak Kami

    Address: Kampus Proklamator II, Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass Aie Pacah Padang.

    Phone: 0751-463250

    Tax: 0751-7055475.

    Email: rektorat@bunghatta.ac.id

    Website:hukum.bunghatta.ac.id

    Pengunjung

    Today307
    Yesterday642
    This week1535
    This month3105
    Total284852

    Who Is Online

    11
    Online

    07-12-2022
    © Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. All Rights Reserved.