RENSTRA FAKULTAS HUKUM 2018-2022

Cetak

 

Program Studi Ilmu Hukum memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang hukum dan kebijakan serta mempunyai kemampuan dalam menganalisis isu-isu hukum yang berkembang sejalan dengan perkembangan masyarakat.

Peran lulusan dengan kualifikasi tersebut sangat diharapkan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara nasional. Kualitas output berupa lulusan dipengaruhi oleh berbagai faktor utama, yaitu kualitas input (mahasiswa yang masuk) dan kualitas proses (meliputi dosen, sarana prasarana, dan sistem yang mendukung).

Dengan demikian berbagai faktor tersebut perlu mendapat perhatian utama karena merupakan core business institusi pendidikan ini. Hal demikian diharapkan dapat menjamin keberlanjutan proses belajar mengajar sesuai standar mutu pendidikan serta memungkinkan dilakukannya monitoring dan evaluasi untuk memperoleh umpan balik dalam upaya peningkatan kualitas yang ingin dicapai.

Sebagai program studi di perguruan tinggi yang menyandang “nama besar” sang Proklamator, Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta memiliki permasalahan dalam organisasi menjadi semakin kompleks.

Kondisi demikian memerlukan berbagai penyesuaian untuk dapat beradaptasi secara baik dengan perubahan lingkungan, terutama terjadinya perubahan paradigma pendidikan tinggi di Indonesia melalui Undang-undang Nomor 12 tahun 2012. Lahirnya undang-undang tentang pendidikan tinggi tersebut merupakan tonggak sejarah perubahan paradigma pendidikan tinggi modern di Indonesia masa depan.

Momentum kelahiran undang-undang ini bertepatan dengan periode 30 tahun kedua keberadaan Universitas Bung Hatta dalam memberikan layanan pendidikan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Dalam kaitan ini rencana induk pengembangan (RIP) Universitas Bung Hatta 2018-2045, Renstra Universitas, yang merupakan arah pengembangan jangka panjang program studi ini telah mengakomodasi berbagai hal terkait pelaksanaan pendidikan tinggi di Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang.

Hal demikian membawa implikasi penting dan fundamental terhadap perencanaan strategis Program Studi Ilmu Hukum (S1) Universitas Bung Hatta, sebagai langlah awal mempersiapkan program studi ini menjadi program studi bermutu dan bermartabat. 

Selengkapnya dapat di download di sini