Dalam rangka menyambut hadirnya mahasiswa baru di Kampus Proklamator, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menggelar kegiatan "Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021". PKKMB ditingkat Fakultas ini akan diselenggarakan pada 14 - 15 September 2021 secara online melalui aplikasi zoom meeting.

    Kegiatan PKKMB di Fakultas Hukum akan diisi oleh sejumlah acara salah satunya adalah penyampaian materi tentang kiat-kiat sukses kuliah oleh narasumber yaitu Dr. Zulfahmi, S.H.,M.H dan Yudha Herlangga,S.H.,M.H

    Selamat Datang kepada seluruh mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta.

    Selamat mengikuti kegiatan PKKMB di Fakultas Hukum Tahun 2021

     

     

     

    Dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat dan juga persiapan menghadapi perkuliahan tatap muka, DPP IKB Alumni Universitas Bung Hatta bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta dan Polresta Padang menggelar kegiatan "Vaksinasi Covid-19" Bagi Mahasiswa Universitas Bung Hatta, Alumni dan Masyarakat Umum sebanyak 10.000 vaksin.

    Pendaftaran dilakukan pada tanggal 5-11 Oktober 2021

    Link Pendaftaran https://s.id/HeKQP

    Syarat Pendaftaran : FotocopyKTP

    Pelaksanaan Vaksinasi : 13 Oktober 2021

    Bertempat di Aula Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Jalan Gadjah Mada Gunung Pangilun, Padang

    Sehubungan dengan Surat Rektor Nomor 5365/Pend.1/KP/IX-2021 tanggal 26 Agustus 2021 perihal Perkuliahan Semester Ganjil T.A 2021/2022, melalui Surat Rektor Nomor 6078/Pend.1/KP/IX-2021 diinformasikan bahwa Perkuliahan Semester Ganjil 2021/2022 yang semula direncanakan tanggal 13 September 2021 diundur menjadi tanggal 20 September 2021 dan perkuliahan dilaksanakan secara daring.

     

    Untuk pembayaran uang kuliah Semester Ganjil T.A 2021/2022 diperpanjang sampai tangan 17 September 2021.

    Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta kembali menambah jumlah doktornya. Pada hari Sabtu tanggal 11 September 2021, Pukul 09.00 WIB, telah diselenggarakan Kegiatan Ujian Terbuka Doktor an Surya Prahara pada Program Doktoral Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Andalas.

     

    Promovendus Surya Prahara yang merupakan Dosen pada Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta berhasil mempertahanan disertasi yang berjudul “Kedudukan Alat Bukti Elektronik Dalam Perkara Pidana Di Tengah Konvergensi Prinsip Keadilan dan Kepastian Hukum" Bertindak sebagai Promotor adalah Prof. Dr. Elwi Danil,S.H.,M.H dan Co-Promotor Dr. Ferdi,S.H.,M.H, dan Dr. Sukanda Husin,S.H.,LLM

     

    Kegiatan ujian terbuka yang dilaksanakan secara luring dan daring ini dihadiri oleh penguji diantaranya Prof. Topo Santono,S.H.,M.H.,PhD (Guru Besar Universitas Indonesia), Prof. Dr. Ismansyah, S.H.,M.H, Prof. Dr. Kurniawarman, S.H.,M.Hum, Dr. Fadillah Sabri, S.H.,M.H, Dr. A. Irzal Rias,S.H.,M.H dan Dr. Aria Zurnetti,S.H.,M.Hum

     

    Dalam disertasinya Surya Prahara menjelaskan permasalahan tentang perwujudan prinsip keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan hukum pada alat bukti elektronik sebagai alat bukti yang sah dalam pembuktian perkara pidana dan kedudukan alat bukti elektronik dapat memberikan keadilan dan kepastian hukum sebagai bentuk perwujudan kepastian hukum dalam pembuktian perkara pidana.

     

    Permasalahan tersebut diangkat karena adanya dualisme pengaturan alat bukti elektronik, dimana sebagian undang-undang menjelaskan alat bukti elektronik adalah alat bukti yang berdiri sendiri di ketentuan alat bukti pada KUHAP, sementara sebagian lainnya menjelaskan alat bukti elektronik merupakan perluasan alat bukti surat dan petunjuk (termasuk UU ITE).

     

    Mengatasi permasalahan itu, dalam disertasinya Surya Prahara memaparkan bahwa dibutuhkan panduan/aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal verifikasi bukti elektronik sehingga dapat diterima sebagai alat bukti sah, salah satunya dengan mengadopsi aturan tentang pengelolaan alat bukti elektronik dari negara yang lebih maju. Solusi lainnya adalah dengan mengundangkan RKUHAP karena pada ketentuan Pasal 175 RKUHAP menjelaskan bukti elektronik adalah salah satu alat bukti.

     

    Dengan terselenggaranya ujian terbuka doktor ini, maka Promovendus Surya Prahara dengan sah menyandang gelar Doktor (DR).

     

    Selamat untuk DR. Surya Prahara,S.H.,M.H

     

    Sehubungan dengan surat dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat perihal program Beasiswa Bank Indonesia Semester II Tahun 2021, maka melalui surat ini kami menyampaikan informasi pembukaan program beasiswa tersebut sebagai berikut:
     
    1. Jumlah Beasiswa Bank Indonesia Semester II Tahun 2021 (pengganti) sebanyak 20 mahasiswa yang berasal dari semua program studi.
     
    2. Ketentuan Penerima Beasiswa Bank Indonesia sebagai berikut :
    a. Mahasiswa Aktif  Starta 1 (S1) dan tidak dalam status cuti akademik.
    b. Telah menyelesaikan minimal 40 (empat puluh) SKS atau minimal semester 3.
    c. Memiliki Index Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.25 (skala 4).
    d. Usia maksimal 23 tahun pada saat menerima beasiswa.
    e. Tidak sedang menerima beasiswa dan atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain.
    f. Berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (pra sejahtera).
    g. Membuat motivation letter (dalam Bahasa Indonesia).
    h. Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non-akademik).
    i. Memiliki minat dan pengalaman berorganisasi dan menjalankan aktivitas sosial yang mempunyai dampak kebermanfaatan bagi masyarakat.
    j. Bersedia berperan aktif dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan Bank Indonesia.
     
    3. Dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut :
    a. Mengisi biodata yang disediakan oleh Bank Indonesia dengan materai Rp.10000
    b. Melampirkan foto kopi halaman depan Buku Tabungan Bank BNI
    c. Melampirkan foto kopi KTM
    d. Melampirkan foto kopi KTP
    e. Melampirkan Lembar Hasil Studi (LHS) terbaru
    f. Melampirkan Transkip Nilai Sementara (IPK minimal 3,25)
    g. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu asli stample basah
    h. Melampirkan Surat Keterangan Belum Menerima Beasiswa
    i. Melampirkan Resume Pribadi (CV)
    j. Melampirkan Motivation Letter
    k. Melampirkan Rekomendasi dari tokoh akademi/non akademik
    l. Melampirkan SK Pengurus Organisasi atau Surat Keterangan Anggota Organisasi.
    m. Melampirkan Sertifikat/Piagam Penghargaan prestasi akademik dan non akademik.
     
    4.Jadwal seleksi penerimaan Beasiswa Bank Indonesia Semester I Tahun 2021 sebagai berikut:
    a. Pengumuman Informasi dari Bank Indonesia  tanggal 19 Agustus 2021
    b. Evaluasi Penerima Beasiswa Existing Semester I Tahun 2020  tanggal 19- 25 Agustus 2021
    c. Sosialisasi dan Pengiriman Berkas Calon Penerima Beasiswa Pengganti Untuk Beasiswa Existing Semester II Tahun 2020 tanggal 19- 30 Agustus 2021
    d. Pengiriman usulan calon mahasiswa penerima Beasiswa Existing Semeser II Tahun 2020 ke Bank Indonesia  tanggal 31 Agustus 2021
    e. Pengumuman Jadwal Seleksi Wawancara Calon Penerima Beasiswa Pengganti bulan September 2021
    f. Seleksi Wawancara oleh Bank Indonesia bulan September 2021
    g. Pengumuman Hasil Wawancara bulan September 2021
     
    5.Semua dokumen yang tercantum pada point 3 (tiga) dapat diantar langsung oleh mahasiswa calon penerima beasiswa yang dimasukan ke dalam map berwarna Biru ke Bagian Kemahasiswaan Gedung E Rektorat Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada hari dan jam kerja sesuai dengan jadwal yag telah ditentukan dan mendaftar secara daring melalui https://bit.ly/BISemesterII2021
     
    Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website Bagian Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta
     

     

     

     

     

    Perpanjangan Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia Semester II Tahun 2021 hingga 3 September 2021.

    Dalam rangka mengawali kegiatan perkuliahan Semester Ganjil 2021/2022, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta mengadakan rapat persiapan perkuliahan pada hari Selasa 30 Agustus 2021.

     

    Rapat dipimpin langsung oleh Dekan, Dr. Uning Pratimaratri, S.H.,M.Hum dan Wakil Dekan, Dr. Deaf Wahyuni Ramadhani, S.H.,M.H serta dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan baik secara luring maupun daring.

     

    Proses perkuliahan semester ganjil 2021/2022 masih dilaksanakan secara daring dengan tahap pertama dimulai pada 13 September 2021 – 5 November 2021 dan perkuliahan tahap kedua dimulai pada 5 November 2021 – 31 Desember 2021.

     

    Sementara itu untuk Ujian Tengah Semester (UTS) dilaksanakan pada tanggal 8 – 12 November 2021 dan Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan pada tanggal 10 – 21 Januari 2022.

    (hukum.bunghatta.ac.id/23/07/2021) Dekan dan Segenap Sivitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta turut berduka cita atas meninggalnya Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta Prof. Antoni, S.E.,M.E.,Ph.D pada Hari Jum'at 23 Juli 2021.

    Semoga semua amal ibadah dan kebaikan almarhum diterima Allah SWT dan keluarga diberikan keikhlasan dan kesabaran. Aamiin.

    (hukum.bunghatta.ac.id/19/07/21) Pada hari Jumat, tanggal 16 Juli 2021, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta dan Fakultas Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin (UIN SUTHA) Jambi, melaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) terkait Pelaksanaan Kegiatan dan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia di Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

     

    Pelaksanaan penandatanganan MoA tersebut dilakukan oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr. Uning Pratimaratri, S.H.,M.H dan Dr. Sayuti, S.Ag.,M.H selaku Dekan Fakultas Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

     

    Mengingat tingkat penyebaran dan penularan covid-19 yang masih tinggi di Indonesia khususnya di Kota Padang dan Kota Jambi, maka pelaksanaan penandatanganan MoA tersebut dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom. Turut hadir dalam pelaksanaan penandatangan MoA ini adalah pimpinan dari masing-masing universitas yaitu Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, serta wakil dekan dan ketua bagian masing-masing fakultas.

     

    Kesepakatan kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan kerjasama Para Pihak dan merealisasikan pelaksanaan kegiatan dan pemanfaatan sumber daya manusia di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

     

    Dalam bidang pendidikan dan pengajaran para pihak secara bersama-sama dapat saling menempatkan mahasiswa dan tenaga ahli dalam pelaksanaan kegiatan dalam bentuk kampus merdeka, visiting professor, visiting lecturer, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, proyek di Desa, kegiatan wirausaha dan proyek kemanusiaan.

     

    Sementara itu, dalam pelaksanaan kegiatan pengkajian, penelitian dan publikasi ilmiah, para pihak secara bersama-sama dan/atau saling mengutus peserta dan tenaga ahli dari masing-masing lembaga, dapat melaksanakan kegiatan dalam bentuk penelitian, joint conference, Editor / Peer Reviewer, dan kegiatan ilmiah lainnya.

     

    Kerjasama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang syariah dan hukum juga dilakukan dengan secara bersama-sama dan/atau menempatkan para pihak pada salah satu lembaga atau lokasi yang berada di wilayah kerja masing-masing pihak.

     

     

    Festival Film Pendek Universitas Bung Hatta.

    Tema: "Bung Hatta Muda"

    Berhadiah Jutaan Rupiah!

     

    Terbuka untuk Siswa dan Mahasiswa Nasional (GRATIS).

     

    Juri Nasional:

    1. Keluarga Sang Proklamator Prof. Dr. Mohd. Hatta.

    2. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

    3. Akademisi.

    4. Sejarawan.

    5. Sineas.

     

    Narahubung:

    1. Wandira 082377382366

    2. Stevani 085363769336

    3. Lailatul 083180092221

    Ketentuan:

    1. Peserta berasal dari utusan Sekolah (diperbolehkan yang baru tamat SLTA tahun 2021) dan utusan Perguruan Tinggi (belum wisuda).

    2. Karya belum pernah dipublikasikan dan dilombakan.

    3. Karya 10 s.d. 15 menit sudah termasuk opening dan closing.

    4. Video di-upload ke YouTube/Instagram hingga tanggal 1 Juli dengan menambahkan hashtag.

    5. Video dikirim ke link Panitia.

    6. Naskah cerita menggambarkan karakter dan kepribadian Bung Hatta.

    7. Tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, afiliasi politik tertentu, serta tidak melanggar HAKI dan UU.

    8. Peserta hanya boleh mengirim 1 (satu) video.

    9. Follow akun Instagram Universitas Bung Hatta.

    10. Wajib mencantumkan logo Universitas Bung Hatta selama video berlangsung.

    11. Resolusi video full HD dengan format MOV, AVI, atau MP4.

    12. Format judul video: Nama_Siswa_Sekolah/Mahasiswa_Perguruan_Tinggi/Kelompok_Nama_Kota/Kabupaten

     

    Kriteria Penilaian:

    1. Jumlah akumulasi like terbanyak di media sosial yang telah ditentukan Panitia.

    2. Kesesuaian cerita dengan tema.

    3. Nilai-nilai insporatif.

     

    Semua pemenang akan mendapatkan sertifikat beserta uang tunai.

    a. Kategori Aktor Terbaik

    Juara 1: Rp. 3.000.000,-

    Juara 2: Rp. 2.000.000,-

    Juara 3: Rp. 1.000.000,-

     

    b. Kategori Ide Cerita Terbaik

    Juara 1: Rp. 3.000.000,-

    Juara 2: Rp. 2.000.000,-

    Juara 3: Rp. 1.000.000,-

     

    c. Kategori Film Terfavorit

    Juara 1: Rp. 3.000.000,-

    Juara 2: Rp. 2.000.000,-

    Juara 3: Rp. 1.000.000,-

     

    d. Juara Umum: Piala Gubernur Sumatera Barat

     

    Kriteria Khusus:

    1. Originalitas dan kreatifitas ide cerita.

    2. Keaktoran.

    3. Logika cerita.

    4. Ketajaman diksi dan gaya bahasa.

    5. Nilai-nilai inspiratif.

    6. Kesesuaian cerita dengan tema.

    7. Akumulasi like dari netizen pada media sosial yang telah ditentukan Panitia.

     

    Kategori Pemenang:

    1. Aktor Terbaik.

    2. Ide Cerita Terbaik.

    3. Film Terfavorit.

     

    Tanggal Penting:

    Pendaftaran: 10 Juni s.d. 31 juli 2021

    Kirim video ke Panitia: 10 Juni s.d. 31 Juli 2021

    Tayang di media pendaftar: 1 Agustus s.d. 15 Agustus 2021

    Tayang di media Universitas: 16 Agustus s.d. Agustus 2021

    Penilaian Tim Juri Internal: 1 September s.d. 3 September 2021

    Pemilihan dan pengumuman 9 video pemenang oleh Juri Nasional: 5 September 2021.

    Pendaftaran: s.id/FFPUBH

    Telegram: s.id/PESERTAFESTIVAL

     

     

    #UniversitasBungHatta #BungHatta #BungHattaMuda #FestivalFilmPendek #FestivalFilmPendek2021

    (hukum.ac.id 07/07/21) Universitas Bung Hatta kembali memberlakukan kebijakan 75% (tujuh puluh lima persen) bekerja dari rumah atau work from home (WFH)untuk kegiatan administrasi mulai tanggal 7 Juli hingga 20 Juli 2021.

     

    Pemberlakuan kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Rektor Nomor: 2967/UM-1/KP/VII-2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Di Universitas Bung Hatta Dalam Rangka Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19.

     

    Kebijakan PPKM Mikro di lingkungan Universitas Bung Hatta ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 17 Tahun 2021 tanggal 5 Juli 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan, khususnya di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

     

    Beberapa poin yang dijelaskan dalam surat edaran tersebut adalah :

    1.   Pelaksanaan seluruh kegiatan belajar-mengajar, laboratorium, ujian semester, bimbingan, seminar ujian skripssi/tesis dilakukan secara online/daring dengan memanfaatkan sistem e-learning yang diterapkan di Universitas Bung Hatta.

     

    2.   Semua kegiatan dosen dalam bentuk seminar, workshop dan sejenisnya dan kegiatan kemahasiswaan dilaksanakan secara daring hingga tanggal 20 Juli 2021.

     

    Dalam edaran itu, disebutkan juga untuk tenaga kependidikan yang tetap melaksanakan pekerjaan di kantor (minimal 25% dari seluruh karyawan/ti yang ada di unit masing-masing) wajib mematuhi pedoman keselamatan dan kesehatan kerja seperti menggunakan masker, sarung tangan, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan/atau hand sanitizer.

     

    Selain itu, dalam edaran tersebut, rektor menghimbau kepada setiap dosen atau tenaga kependidikan yang merasakan gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan/atau sesak napas agar segera melapor ke Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 terdekat untuk mendapatkan penanganan segera.

     

     

     

    Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur KIP Kuliah 2021

    1. Pendaftaran masuk jalur KIP dilakukan secara online di laman : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan http://spmb.bunghatta.ac.id

    2. Pendaftaran dimulai pada tanggal 6 Juli s/d 16 Juli 2021 dan seluruh berkas dikirim via kurir (pos,tiki, dll)

    3. Seleksi tanggal 19 s/d 23 Juli 2021

    4. Pengumuman kelulusan tanggal 26 Juli 2021

    5. Daftar Ulang tanggal 26 Juli s/d 13 Agustus 2021

     

    Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut

    Silahkan hubungi no WA 081374258777

     

     

     

    Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Hukum Universitas Bung Hatta Tahun Akademik 2021/2022, dilakukan dengan Tata Cara Pendaftaran sebagai berikut:

    1. Khusus Wisudawan 1 semester terakhir Universitas Bung Hatta program S1 tidak dikenakan biaya pendaftaran. Login menggunakan NPM dan Password Portal Universitas.
    2. Pelamar umum membuat tagihan pembayaran uang pendaftaran di spmb.bunghatta.ac.id, lalu membayar uang pendaftaran Rp 250.000,- melalui kantor kas Bank BNI terdekat.
    3. Pelamar login di http://spmb2.bunghatta.ac.id menggunakan username dan password yang diberikan pihak BNI 46
    4. Pelamar melengkapi formulir pendaftaran secara online.
    5. Hasil seleksi dapat dilihat secara online di laman http://bunghatta.ac.id atau langsung ke kampus I Universitas Bung Hatta Jl. Sumatra Ulak Karang Padang

    Besaran uang kuliah Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Hukum pada Semester Pertama adalah Rp. 8.050.000,00 (Delapan Juta Lima Puluh Ribu Rupiah) dengan rincian:

    1. Biaya Herregistrasi Rp. 50.000,00 (Lima Puluh Ribu Rupiah)

    2. Matrikulasi Rp. 500.000,00 (Lima Ratus Ribu Rupiah)

    3. Uang Kuliah Rp. 7.500.000,00 (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

     

    Perkuliahan ditempuh selama 4 semester, dengan pilihan konsentrasi:

    1. Hukum Kesehatan

    2. Sistem Peradilan Pidana

    3. Hukum Kenegaraan

    4. Hukum Bisnis

     

    Bank Nagari yang merupakan satu-satunya bank milik Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat, dalam waktu dekat akan melakukan konversi dari bank konvensional menjadi bank syariah, berdasarkan keputusan bersama dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dan Rapat Pemegang Saham Bank Nagari. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah melakukan sosialisasi kepada nasabah Bank Nagari, dengan pertimbangan belum seluruhnya masyarakat Sumatera Barat memahami sistem keuangan syariah.

    Dalam rangka mensosialisasikan konversi Bank Nagari ini, Bagian Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Bank Nagari, mengadakan kuliah umum dengan tema "Konversi Bank Nagari Dari Bank Konvensional Ke Bank Syariah Dalam Perspektif Hukum Bisnis" dengan narasumber:

    1. M. Riza Harry Susanto, S.H (Pemimpin Grup Hukum Divisi Sekretaris Perusahaan PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat)

    2. Dr. Desmal Fajri, S.Ag.,M.H (Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta)

     

    Moderator 

    Hendriko Arizal, S.H.,M.H

     

    Webinar dilaksanakan pada:

    Hari/Tanggal       : Senin/ 28 Juni 2021

    Pukul                 : 09.00 - 12.00 WIB

    Media                : Zoom Meeting Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta

    Link Pendaftaran : https://bit.ly/WEBINARPERDATAUBH2021 

     

     

    (hukum.ac.id, 15/06/21) Kamis, 10 Juni 2021 telah diselenggarakan Pelantikan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta periode 2020-2021 di Aula Lantai 4 Gedung B6 Kampus II Universitas Bung Hatta.

    Pelantikan Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa (DPMM FH) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FH) tersebut dihadiri oleh Dr. Deaf Wahyuni Ramadhani, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan Fakultas Hukum, Dr.Yofiza Media, S.H.,M.H selaku Ketua Bagian Hukum Perdata, Dr.Desmal Fajri, S.Ag.,M.H selaku Ketua Bagian Hukum Tata Negara dan Eddy Soenarto,S.H.,M.H selaku Kepala Tata Usaha Fakultas Hukum.

    Selain menghadiri acara pelantikan, Wakil Dekan Fakultas Hukum sekaligus juga melantik kepengurusan BEM-FH dan DPM-FH periode tersebut. Dalam sambutannya, Wakil Dekan menyampaikan ucapan terima kasih atas kemauan juga tekad pengurus untuk terus berkontribusi dalam memajukan fakultas dan berpesan kepada pengurus BEM maupun DPMF yang baru menjabat untuk benar-benar melaksanakan tugas dan amanahnya sebagai dewan kampus dalam mewadahi aspirasi para mahasiswa.

    Pengurus lembaga-lembaga kemahasiswaan yang di lantik pada hari itu adalah DPM FH yang diketuai oleh Ronaldo Dinilhaq Yandra, BEM FH yang diketuai oleh Muhammad Aqil Irfaan. Dengan total pengurus yang dilantik sebanyak 79 orang, dengan pengurus DPMM Sebanyak 23 orang dan BEM 56 orang.

    Aqil Irfaan, selaku Gubernur BEM Fakultas Hukum juga memberikan semangat dan pesan kepada kepengurusan dewan yang dilantik untuk dapat berperan aktif mewadahi aspirasi masyarakat mahasiswa “Kepada seluruh pengurus diharapkan agar bisa mewadahi seluruh Fakultas Hukum baik dari segi kegiatan maupun advokasi permasalahan mahasiswa Fakultas Hukum. Jadikan almamater Universitas Bung Hatta sebagai jiwa, warna merah yang melambangkan Fakultas Hukum sebagai jantung, BEM-FH sebagai badan, dan seluruh pengurus adalah otak yang akan menggerakkan itu semua demi tercapainya kesejahteraan mahasiswa dan juga untuk kejayaan Fakultas Hukum dan Universitas Bung Hatta yang dicintai,” ujarnya.

    Acara kali ini ditutup dengan simbolisasi serah terima jabatan dari DPM FH UBH dan BEM FH  2019/2020 ke DPM FH dan BEM FH 2020/2021 dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Semoga setelah serah terima jabatan ini dilaksanakan, teman-teman pengurus Lembaga Kemahasiswaan dapat menjalankan rencana kerjanya dengan baik serta apa yang diharapkan oleh masyarakat Fakultas Hukum dapat terwujud, pungkasnya. (AP)

    (hukum.ac.id, 16/06/2021) Prayudha Leo Prima dari Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta terpilih menjadi wisudawan terbaik Tingkat Universitas Jenjang Pendidikan Strata 1 (S-1) pada wisuda ke-75 yang diselenggarakan  secara daring melalui saluran zoom dan luring di Balairung Caraka Kampus Proklamator I, Ulak Karang Padang, pada Sabtu (12/6/21) dengan IPK 3,99.

     

    Putra dari Almarhum Jhonnoeardy dan Ernawati ini secara resmi menyandang gelar Sarjana Hukum setelah berhasil mempertahankan skripsi dengan judul “Studi Perbandingan Hukum Terhadap Konsep “Contempt of Court” di Negara Indonesia, Malaysia, dan Pakistan” dalam pelaksanaan ujian skripsi, dengan pembimbing Dr. Uning Pratimaratri, S.H.,M.Hum.

     

    Selama menjadi mahasiswa Fakultas Hukum, Yudha (panggilan sapaannya) memiliki segudang prestasi baik tingkat regional maupun nasional.

     

    Beberapa prestasi yang pernah diraihnya adalah Best Speaker Lomba Debat “Anco Fest” Antar Mahasiswa Universitas Bung Hatta Tahun 2019, Peserta Lomba Debat Konstitusi antar Mahasiswa Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Tahun 2019, Presenter Terbaik dalam Konferensi Nasional Hukum I yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Tahun 2019, Kepemilikan sertifikat Hak Cipta dalam pembuatan film “Rekayasa Lalu Lintas” Tahun  2020 dan sejumlah prestasi lainnya.

     

    Semua prestasi yang saya peroleh merupakan wujud bahwa selama menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta selain mendapat berbagai pelajaran dan pengalaman dari segala sisi terbaik, kampus juga selalu memberikan dukungan dan apresiasi dalam pengembangan diri dan skill mahasiswa khususnya saya, ujarnya.

     

    Semoga Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta menjadi kampus yang menciptakan lulusan terbaik dalam menegakkan hukum dan keadilan, serta semoga lebih banyak lagi mahasiswa yang bisa mengembangkan potensi dirinya di masa depan, tutupnya. (RBG)

    Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta dan Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera mengadakan kerjasama untuk melakukan sinergi antar kampus dalam berbagai bidang.

     

    Salah satu kerjasama yang dijajaki adalah penggunaan fasilitas peradilan semu milik Laboratorium Hukum Fakultas Hukum untuk praktek peradilan semu mahasiswa UNU sesuai dengan Memorandum of Agreement (MoA), yang telah ditanda tangani oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr. Uning Pratimarati dan Rifka Zuwanda,S.H.,M.H selaku Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora UNU, pada tanggal 28 Mei 2021 lalu.

     

    Dr. Uning Pratimaratri mengatakan bahwa peradilan semu merupakan simulasi praktik persidangan, dimana kegiatan tersebut merupakan pelatihan bagi mahasiswa terkait kemampuan litigasi dan berfungsi sebagai unsur penunjang pendidikan hukum. Selaku Dekan, saya menyambut dengan sangat baik kerjasama dalam praktek peradilan semu ini, ujarnya.

     

    Lebih lanjut, Rifka Zuwanda menambahkan dengan adanya kerjasama ini diharapkan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta khususnya mahasiswa UNU memahami praktik beracara pada peradilan sesuai dengan norma, asas maupun prosedur yang berlaku. Sehingga nantinya mahasiswa UNU memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan pengetahuan hukum acara tersebut dalam praktik nyata sebagai penegak hukum maupun penegak keadilan. Selaku dekan, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan fasilitas yang telah diberikan kepada kami guna melakukan praktek peradilan semu ini, tutupnya. (rbg)

    Politik, demokrasi dan korupsi merupakan tiga kata yang tidak ada habisnya dibahas saat ini. Sehingga setiap pembahasan terkait tiga hal tersebut menjadi suatu pengingat akan upaya bersama dalam menegakkan hukum. 

    Menanggapi kondisi ini, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta bekerja sama dengan Pusat Kajian Bung Hatta Anti Korupsi (BHAKTI) menggelar kegiatan Bedah Buku "Merawat Demokrasi Menanam Antikorupsi" karya Helmi Chanda SY, Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. 

    Kegiatan bedah buku ini diselenggarakan secara daring dengan menghadirkan pembahas:

    1. Prof. Ningrum Natasya Sirait,S.H.,M.Li (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara)

    2. Feri Amsari, S.H.,M.H.,LL.M (Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas)

     

    Waktu pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut :

    Hari/Tanggal : Jum'at/ 11 Juni 2021

    Pukul : 14.00 - selesai

    Media : Zoom

    Link Pendaftaran : https://bit.ly/bedahbukubhakti 

    Badai yang menerpa Komisi Pemberantasan Korupsi tidak kunjung berhenti, lembaga ini diamputasi secara sistemik. Dimulai dengan revisi UU KPK, menetapkan seorang pelanggar etik sebagai pimpinan  dan kali ini 75 orang pegawai KPK yang integritas dan nasionalismenya tidak perlu dipertanyakan justru digagalkan dalam Tes Wawasan Kebangsaan. Peristiwa ini seakan menjadi simbol matinya upaya pemberantasan korupsi di era presiden Joko Widodo.

    Untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang muncul dibenak kita semua terkait bagaimana menyelamatkan KPK dan strategi apa yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan KPK, Bagian Hukum Pidana bekerjasama dengan Pusat Kajian Bung Hatta Anti Korupsi (BHAKTI) Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, mengadakan webinar dengan tema "Masa Depan KPK Pasca TWK" dengan narasumber :

    1.Giri Suprapdiono (Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

    2.Charles Simabura (Dosen & Peneliti PUSAKO Universitas Andalas)

    3.Hendriko Arizal (Dosen & Peneliti BHAKTI Universitas Bung Hatta)

     

    Moderator

    Resma Bintani Gustaliza

     

    Webinar dilaksanakan pada

    Hari/Tanggal : Kamis, 10 Juni 2021

    Pukul : 08.30 - 12.00

    Media : Zoom

    Link Zoom Meeting : http://bit.ly/bhaktiwebinar 

    Registrasi untuk E-Sertifikat : http://bit.ly/masadepankpkpascatwk 

    Siapa bilang kuliah di swasta mahal? Ada beberapa universitas swasta di Padang ini justru memberikan kemudahan biaya kuliah, salah satunya adalah Universitas Bung Hatta (UBH).

    Biaya uang kuliah mahasiswa baru Universitas Bung Hatta (UBH) Tahun Akademik 2020/2021 pada semester I dan semester II dengan sistim paket hanya berkisar antara Rp. 6.000.000,- sampai Rp. 7.500.000,- tergantung dengan program studi pilihan calon mahasiswa.

    Biaya tersebut sudah termasuk biaya Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan biaya pengembangan institusi.

    Sedangkan pada semester III sampai tamat pembayaran uang kuliah berdasarkan variabel SKS yakni berupa Teori Rp. 200.000,- per-SKS dan Praktikum Rp. 300.000,- per-SKS, kemudian biaya pengembangan institusi Rp, 1.950.000,- sampai Rp.2.250.000,- per semesternya.

    Calon mahasiswa dapat melihat lebih lengkapnya mengenai panduan pembayaran pendaftaran mahasiswa baru dan rincian uang kuliah di www.spmb.bunghatta.ac.id. atau kunjungi seputar Universitas Bung Hatta di https://bunghatta.ac.id/ (**Indrawadi).

    sumber : https://blog.bunghatta.ac.id/index.php/19-siapa-bilang-kuliah-di-universitas-bung-hatta-mahal-ini-buktinya

    Dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PKM) dalam bentuk “Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019” pada 3 Januari 2021 di Panti Asuhan Nur Ilahi, Padang.

    Kegiatan PKM yang diikuti oleh anak-anak panti asuhan yang berjumlah sekitar 30 orang tersebut dibuka dengan penyampaian kata sambutan oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr. Uning Pratimaratri, S.H.,M.Hum. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen untuk berkontribusi bagi masyarakat dan bagi mahasiswa kegiatan PKM ini merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial mahasiswa yang dilakukan bagi masyarakat.

    Menanggapi kegiatan ini Pengurus Panti Asuhan Nur Ilahi mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan dan mengajak semua pihak untuk turut serta memperhatikan kehidupan anak-anak di panti asuhan karena tanggungjawab dalam mengurus mereka bukan saja kewajiban pengurus tapi juga kewajiban bersama.

    Setelah penyampaian kata sambutan, acara kemudian  dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh Dr. Yofiza Media, S.H.,M.H dengan judul “Peran Serta Masyarakat Agar Terlaksananya Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kota Padang” Dalam pemaparannya, Yofiza menjelaskan kepada anak-anak panti asuhan terkait hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari selama masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi covid-19, termasuk juga menjelaskan sanksi yang akan diterapkan berdasarkan Perda Provinsi Sumatera Barat No. 6 Tahun 2020 jika melakukan pelanggaran dalam masa adaptasi kebiasaan baru.

     

     

    Melalui kegiatan PKM ini diharapkan pengurus dan anak-anak panti asuhan khususnya secara langsung dapat memahami dan menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan panti asuhan sehingga dapat terhindar dari ancaman dan bahaya virus corona.

     

    Selain dosen Fakultas Hukum, PKM ini juga diikuti oleh beberapa orang dosen dari fakultas di lingkungan Universitas Bung Hatta lainnya, yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. *RBG

     

     

    Halaman 1 dari 4

    Kontak Kami

    Address: Kampus Proklamator II, Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass Aie Pacah Padang.

    Phone: 0751-463250

    Tax: 0751-7055475.

    Email: rektorat@bunghatta.ac.id

    Website:hukum.bunghatta.ac.id

    Pengunjung

    Today240
    Yesterday826
    This week1665
    This month6955
    Total141671

    Who Is Online

    1
    Online

    21-10-2021
    © Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. All Rights Reserved.