Tim PKM Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Memberikan Kelas Edukasi Organisasi Anti Korupsi Bagi Pelajar di SMA PGRI 4 Padang

    Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan mencegah perilaku korupsi oleh masyarakat serta memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta memberikan Kelas Edukasi Organisasi Anti Korupsi bagi Pelajar di SMA PGRI 4 Padang, yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 30 Mei 2023.

    Ketua pelaksana PKM di SMA PGRI 4 Padang yaitu Helmi Chandra SY, SH, MH. menjelaskan bahwa maksud dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tindak pidana korupsi, pengaturan hukum korupsi, jenis-jenis korupsi dalam UU Nomor 31 Tahun 1999 jo UU Nomor 20 Tahun 2001 serta prinsip pencegahan korupsi bagi organisasi pelajar yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah.

    “Maksud kegiatan ini agar pelajar SMA memiliki pemahaman tentang pendidikan anti korupsi, sehingga tertanam sikap untuk tidak menjadi bagian dari orang-orang yang melakukan korupsi. Para pelajar bisa menjadi agen perubahan untuk ikut serta melakukan pencegahan dari bentuk-bentuk yang bisa dikategorikan korupsi di sekolah,” ungkap Helmi.

    Pada pelaksanaan Kelas Edukasi ini, diberikan materi oleh 2 (dua) orang narasumber yaitu Helmi Chandra SY, SH, MH. dengan materi tentang Prinsip-Prinsip Anti Korupsi. Kemudian dilanjutkan oleh Hendriko Arizal, SH, MH. dengan materi tentang Mengenal Tindak Pidana Korupsi.

    Kepala SMA PGRI 4 Padang, Edwarni, S.Pd, M.Pd. menyampaikan bahwa kelas edukasi ini penting diberikan kepada pelajar terutama bagi pengurus organisasi di sekolah, sehingga memunculkan keterlibatan dari para pelajar SMA dalam gerakan anti korupsi. Selain itu, pelajar SMA juga dapat ikut terlibat dalam menyuarakan dampak dari perilaku korupsi serta membangun organisasi anti korupsi di sekolah.

    “Kami berterima kasih serta mengapresiasi kegiatan PKM dari Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, karena ini merupakan kunjungan pertama dari Universitas Bung Hatta ke sekolah kami. Harapannya semoga ilmu yang diberikan membawa manfaat bagi pelajar dan sekolah kami,” ujar Edwarni.

    Adapun tim PKM Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta diantaranya Helmi Chandra SY, SH, MH, Hendriko Arizal, SH, MH, Ahmad Iffan, SH, MH, Hidayati Azkiya, S.Pd, M.Pd serta berkolaborasi juga dengan beberapa mahasiswa fakultas hukum yaitu Mutia Sandrina, Nur Azizah, Nadila Indrianingsih, Khairul Tamimi dan Shaisya Berkea Belana.

     

    Sumber : https://lppm.bunghatta.ac.id/index.php/berita/143-tim-pkm-fakultas-hukum-universitas-bung-hatta-memberikan-kelas-edukasi-organisasi-anti-korupsi-bagi-pelajar-di-sma-pgri-4-padang 

    Kontak Kami

    Address: Kampus Proklamator II, Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass Aie Pacah Padang.

    Phone: 0751-463250

    Tax: 0751-7055475.

    Email: rektorat@bunghatta.ac.id

    Website:hukum.bunghatta.ac.id

    Pengunjung

    Today766
    Yesterday1258
    This week4552
    This month31584
    Total584066

    Who Is Online

    2
    Online

    30-11-2023
    © Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta. All Rights Reserved.